KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 31 PALEMBANG

  • Yosi Ismawati Universitas PGRI Palembang
  • Yusuf Hartono Universitas Sriwijaya
  • Destiniar Destiniar Universitas PGRI Palembang
Keywords: pemahaman konsep, motivasi belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari motivasi belajar Siswa SMP Negeri 31 Palembang. Penelitian ini menggunakan rancangan True Eksperimental dengan Post Test Only Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 61 orang siswa. Data dikumpulkan dengan tes dan angket, dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki tingkat motivasi sedang atau rendah.

References

A. M. Sardiman. (2011) Interaksi dan Motivasi Belajar Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dewi, Asri Nafi’a. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Active Knowladge Sharing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMA N 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi. h.4
Fatqurhohman. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaiakan Masalah Bangun Data. Tersedia Retrieved From file:///C:/Users/win7/Downloads/847-1567-1-SM.pdf.
Hamalik, Oemar. (2012). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo Bandung.
Hamdu, Ghullam & Lisa Agustina. Pengaruh Motivasi belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Vol.12 No 1
Kamal, Muhiddinur. (2014).Strateg.i Active Knowladge Sharing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD/MI. Jurnal Tarbiah al-Awlad. Vol IV No 1 h.370
Kamarulla. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Tersedia https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/alkhawarizmi/article/view/1729/1272
Kesumawati, Nila. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalamPembelajaran MatematikaTersedia.http://eprints.uny.ac.id/6928/1/P18%20Pendidikan%28Nila%20K%29.pdf
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: Refika Aditama.
M., Padma Mike Putri dkk. (2012). Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Turunan Melalui Pembelajaran Teknik Probing. Tersedia file:///C:/Users/8 Downloads/1173-2529-1-SM.pdf.
Motoharo, Siti Zuli (2015) Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 21 Surabaya. Tersedia http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/11505
Novitasari, Dian. (2016). Pengaruh Pengunaan Multimedia Interktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika Vol 2 No 2
Pranata, Ella. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Tersedia https://media.neliti.com/media/publications/181385-id-implementasi-model-pembelajaran-group-in.pdf.
Rini,Eva Setya.(2016) Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Inkuiri.e-jurnal Mitra Sains, Volume 4 Nomor 2, April 2016.
Rohaenur. (2014). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Pecahan pada Siswa Kelas IVB SDLB SUKOHARJO, MARGOREJO, PATI.. jurnal pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sari, Ida Ratna, dkk. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning cell Terhadap Pemehaman Konsep Matematis Siswa kelas VII SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.Vol 3 No.1, April
Silberman,Melvin L. (2017).Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung:Nuansa Cendekia
Sudjana, H. Nana. (2010). Cara belajar siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Bandung:: Sinar Baru Algensindo.
Sumargiyani. (2015). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Number Head Together Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Tersedia http://eprints.uad.ac.id/2829/1/sumargiyani- Jurnal%20admathedu.pdf
Suprihatin, Siti. Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dalam jurnal Vol 3. No 1
Uno, Hamzah. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT.Bumi Aksara.
Wardhani, Sri. (2008). Analisis SI dan SKL pada mata pelajaran Matematika SMP/MTS untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran matematika. Yogjakarta: pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidikan dan tenaga kependidikan matematika.
Zevika, Mona dkk. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 2 Padang Panjang Mellaui Pembelajran Kooperatif tipe TPS di Sertai Peta Pikiran. Vol 1 No.1.
Published
2019-06-23
How to Cite
Ismawati, Y., Hartono, Y., & Destiniar, D. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 31 PALEMBANG. Nabla Dewantara, 4(1), 46 - 52. https://doi.org/https://doi.org/10.51517/nd.v4i1.103