ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA

  • Dwi Puspa Melati Syam Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Mutmainnah Mutmainnah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Rizal Usman Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematika, langkah Polya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah Polya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Binamu. Subjek penelitian yang diambil 3 dari 20 siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Binamu. Tehnik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara, wawancara dilakukan untuk memperkuat hasil analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan langkah Polya. Pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah Polya yang muncul pada saat penelitian: (1) pada siswa yang berkemampuan tinggi dapat menentukan yang diketahui, dan yang ditanyakan, dapat menyusun dan membuat rencana penyelesaian, dapat menyelasaikan soal dengan langkah-yang benar dan tepat, serta dapat membuat kesimpulan dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh dengan melakukan pembuktian, (2) pada siswa yang berkemampuan sedang dapat menentukan yang diketahui, dan yang ditanyakan, dapat menyusun dan membuat rencana penyelesaian, dapat menyelasaikan soal dengan langkah-yang benar dan tepat, serta dapat membuat kesimpulan dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh, dan (3) pada siswa yang berkemampuan rendah dapat menentukan yang diketahui dan yang ditanyakan, namun tidak dapat menyusun dan membuat rencana penyelesaian, tidak dapat menyelesaikan soal dengan benar dan tepat, serta tidak dapat membuat kesimpulan dan memeriksa kembali.

References

Ainun, A. N. 2019. Analisis Pemahaman Konsep dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Pada Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Guppi Samata Kabupaten Gowa. Skirpsi diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar, (Online), (https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/10109-Full_Text.pdf, diakses 21 Juli 2020)
Eganinta, D. 2012. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa. Tesis diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, (Online), (https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/28538, diakses 21 April 2020).
Harahap, E. R. & Edy, S. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear satu Variabel. SEMNASTIKA: Universitas Negeri Medan, (Online), (http://digilib.unimed.ac.id/26485/2/Fulltext.pdf, diakses 7 Juli 2020).
Hartono, Y. 2014. Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: GRAHA ILMU.
Mairing, J. P. 2018. Pemecahan Masalah Matematika Cara Siswa Memperoleh Jalan Berpikir Kreatif dan Sikap Positif. Bandung:Alfabeta.
Netriwati. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Vol. 7, No. 2, (http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/32/27, diakses 6 Juli 2020).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yulia, R. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal Matematika di Kelas V SDN 37 Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala Darussalam. Skripsi diterbitkan, (Online), https://etd.unsyiah.ac.id/baca/index.php?id=36562&page=1, diakses 21 Juli 2020)
Yulianto, G. D., Ketut, S., & Trija, F. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang, (Online), Vol. 3, No. 1, (http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/2810, diakses 5 Mei 2020).
Published
2021-05-24
How to Cite
Syam, D., Mutmainnah, M., & Usman, M. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA. Nabla Dewantara, 6(1), 29-38. https://doi.org/https://doi.org/10.51517/nd.v6i1.273