The MODEL SIMAS ERIC BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING DAN SELF-CONFIDENCE: DAMPAKNYA DAN INTERAKSI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH
MODEL SIMAS ERIC BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING DAN SELF-CONFIDENCE: DAMPAKNYA DAN INTERAKSI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC berbasis Assessment for Learning terhadap pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pemecahan masalah dan kepercayaan diri . Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji Anova Dua Jalur. Hasil Berdasarkan penelitian, diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC berbasis Assessment for Learningterhadap kemampuan memecahkan masalah matematis peserta didik pada materi Himpunan. Tidak terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi Himpunan. Tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran SIMAS ERIC berbasis Assessment for Learning dengan kategori self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Himpunan.
References
Akbar, P., Handayani, D., & Mirza, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas 12 Pada Materi Dimensi Tiga Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 900–913. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.330
Amalia, P. R., Sukestiyarno, Y. L., & Cahyono, A. N. (2020). Problem-Solving Skill Based on Learning Independence Through Assistance in Independent Learning with Entrepreneurial-nuanced Modules. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(1), 102–108.
Ambara, didith pramunditya, Magta, M., Asri, nice maylani, & Tirtayani, luh ayu. (2014). Asesmen Anak Usia Dini. Graha Ilmu.
Ardiansyah, R., Diella, D., Biologi, P., Keguruan, F., & Siliwangi, U. (2019). Implementasi E-learning Berbasis Assessment For Learning Untuk Meningkatkan Performa Belajar Mahasiswa. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 6–13.
Casella, G., & Berger, R. L. (2002). Statistical Inference (2 ed.). Duxbury.
Chairani, Z. (2016). Perilaku Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Deepublish.
Chueachot, S., Srisa-Ard, B., & Srihamongkol, Y. (2013). The development of an assessment for learning model for elementary classroom. International Education Studies, 6(9), 119–124. https://doi.org/10.5539/ies.v6n9p119
Darmawan, E., Brasilita, Y., Zubaidah, S., & Saptasari, M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Berbeda Gender dengan Model Pembelajaran Simas Eric di SMAN 6 Malang. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 47–56.
Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 881. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p881-886
Izzata, F., & Asmara, A. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pbl Dan Model Tapps Pada Siswa Kelas X. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(3), 1–6. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i3.863
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/29305/12924
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen, 6(2), 228–243. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2042
Khofshoh, J., Retno, E., & Yogo, D. (2021). Model PBL dan Strategi Pembelajaran Writing in Performance Tasks dengan Performance Assessment untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 4, 239–246.
Khoirunnisa, P. H., Malasari, P. N., Matematika, T., & Tarbiyah, F. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1), 49–56. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94
Muntasyir, S., Budiyono, & Usodo, B. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Assement For Learning (AfL) Melalui Penilaian Teman Sejawat Pada Materi Persamaan Garis. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(7), 667–679.
Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamtis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(9), 181–190. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Novitasari, L. L. A., & Masriyah. (2020). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa Smp Ditinjau Dari Kepribadian Myer Briggs Indicator (MBTI). MATHEdunesa, 9(3), 631–646.
Pentury, M., Tuapattinaya, P. M. J., & Salmanu, S. I. A. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Simas Eric Pada Siswa Smp Negeri Satu Atap Kairatu Kabupaten Maluku Tengah. Biopendix, 6(1), 40–45.
Pratomo, R. H. S., & Nur, S. M. (2021). Learning Model Simas Eric Alternative Solutions to Increase Learning Motivation. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 7(1), 195–207.
Putri, D., Sunismi, & Fathani, A. H. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Simas Eric Ditinjau Dari Self Regulated Learning Pada Materi Segiempat. JP3, 15(19), 40–57.
Putri, E. K., Herlina, M., Irianti, M., Azhar, & Rozalinda. (2019). Correlation Motivation and Learning Outcomes on Application Simas Eric. Proceeding of the SS9&3nd URICES, 2017, 978–979.
Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4387
Sari, Y. A., Muhassin, M., Suri, I. R. A., & Putra, R. W. Y. (2020). Penerapan Cooperative Learning Tipe Tapps Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Penalaran Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP. Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 61–67. https://doi.org/10.32665/james.v3i2.140
Son, A. L., Darhim, & Fatimah, S. (2020). Students’ mathematical problem-solving ability based on teaching models intervention and cognitive style. Journal on Mathematics Education, 11(2), 209–222. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.10744.209-222
Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 5, 1–16.
Wulan, A. R., Isnaeni, A., & Solihat, R. (2018). Indonesian Journal of Educational Assessment Penggunaan Asesmen Elektronik Berbasis Edmodo Sebagai Assessment for Learning Keterampilan Abad 21. Indonesian Journal of Educational Assessment, 2(1), 1–10.
Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safi’i, A., Supriadi, N., Syazali, M., & Wekke, I. S. (2020). The Effect of SSCS Learning Model on Reflective Thinking Skills and Problems Solving Ability. European Journal of Educational Research, 9(2), 743–752. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.743
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika by http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.