Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Untuk Siswa Kelas VIII SMP

  • Herlina Herlina FKIP Universitas Tamansiswa Palembang
  • Dian Apriani FKIP Universitas Tamansiswa Palembang
Keywords: Pengembangan Lembar Kerja Siswa, LKS, kooperati tipe mind mapping

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan LKS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping materi kubus dan balok, untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap LKS yang dikembangkan. Metode dalam penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiono. Ada 7 tahap dalam pengembangan ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan ahli Bahasa untuk mengetahui kelayakan produk, dan diberikan kepada siswa dan guru untuk mengetahui kemenarikan produk yang dikembangkan. Berdasarkan Analisa data yang diperoleh dari ahli materi, ahli media dan ahli Bahasa dinyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak untuk digunakan, dan dianalisis data yang diperoleh dari siswa dan guru dinyatakan bahwa LKS yang dikembangkan sangat menarik. Hal ini berarti LKS yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa dan guru SMP Kelas VIII.

References

Agustin, Dyah. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar. Agustin, Dyah, 4, 9-18.
Buzan, T. (N.D). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Utama,cet VI. 2010
Hario Wisnu, (2015). Pengembangan bahan ajar matematikaberbasis mind mappingkelas VIII SMP Negeri 7 Malang (Online). (http://www.scribd.com/doc/50015294/13/B-Pengertian=pembelajaran-menurut-beberapa-ahli). Diakses pada 7 juni 2020
Musbihim. (2017). Pengembnagan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Skripsi. Tidak diterbitkan
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovasi. Yogyakarta: Diva Press
Putri, D.(2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Mind Mapping. Putri 4(2), 340-348
Roslina, I. (2019). Pengembnagan LKPD Matemetika Berbantuan Mind Mapping. I(1), 10-22.
Yuniati. (2019). Pengembangan bahan ajar MatematikaBerbasis Mind Mapping Pada Kelas XI SMA AL Azhar, 9(1), 16-30
Published
2021-05-31
How to Cite
Herlina, H., & Apriani, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Nabla Dewantara, 6(1), 60-67. https://doi.org/https://doi.org/10.51517/nd.v6i1.311

Most read articles by the same author(s)