PERMAINAN KARTU TRIGONOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA TAMANSISWA PALEMBANG

  • Rika Firma Yenni Pendidikan Matematika Universitas Tamansiswa Palembang
Keywords: media, kartu permainan, trigonometri.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui hasil belajar matematika siswa denganmenggunakan media kartu permainan trigonometri. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan kartu permainan trigonometri lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Tamansiswa Palembang, dengan subjek penelitian 20 orang pada kelas eksperimen dan 20 orang pada kelas kontrol. Analisis data hasil belajar siswa diolah dengan uji-t menggunakan data tes akhir belajar. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,529 dan ttabel = 2,024 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05),karena thitung> ttabel yang menunjukkan bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai hasil belajar yang berbeda, maka tolak H0 dan terima H1. Ini berarti hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media kartu permainan trigonometri lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dananjaya, Utomo. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Gunawan, Muhammad Ali. (2013). Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Hudoyo, Herman. (2000). Mengajar dan Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ismail. (1998). Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Kemendiknas. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Soedjadi, R. (2003). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. (2017). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardoyo, dkk. (2011). Petunjuk Penggunaan Alat Peraga Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Tim MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Published
2019-01-05
How to Cite
Yenni, R. (2019). PERMAINAN KARTU TRIGONOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA TAMANSISWA PALEMBANG. Nabla Dewantara, 3(2), 31 - 39. Retrieved from http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/89