THE INFLUENCE OF MINDSET AND METACOGNITION ON MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES FOR VII CLASS STUDENTS OF SMP NEGERI 2 BAROMBONG
Abstract
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh mindset dan metakognisi terhadap hasil belajar siswa baik secara simultan maupun parsial.Metode penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Barombong tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 298 siswa dan sampel penelitian sebanyak 61 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mindset siswa kelas berada pada kategori sedang dengan persentase 36,7 %, metakognisi berada pada kategori sedang dengan persentase 36,06% dan hasil belajar matematika berada pada kategori sedang dengan persentase 27,87% (2) mindset dan metakognisi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Barombong dilihat dari dari nilai sig. 0.00 < 0,05 dan memberi pengaruh sebesar 48,5% terhadap hasil belajar siswa dan sisanya sebesar 51,5 % dipengaruhi oleh faktor lain. (3) Mindset secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dilihat dari nilai sig. 0.012 < 0,05 dengan memberi kontribusi sebesar 16,4%. (3) Metakognisi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dilihat dari nilai sig. 0.00 < 0,05 dan memberi kontribusi sebesar 32,1%.
References
Fajriani. (2016). Pengaruh Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri Se Kabupaten Bulukumba. Prosiding Seminar Nasional Volume 02, 285. Palopo : 16 Juni 2016.
Gunawan, C. (2020). Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian New Edition Buku Untuk Orang Yang (Merasa) Tidak Bisa Dan Tidak Suka Statistika (1st ed.). Deepublish.
Nirfayanti, & S, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Effect of Metacognition Skills on Mathematics Learning Outcomes of High School Students. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 109–124.
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY. Yogyakarta, 11 November.: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahardi, F., & Dartanto, T. (2021). Growth mindset, delayed gratification, and learning outcome: evidencefrom afield survey of least-advantaged private schools in Depok-Indonesia. Heliyon, 7. Retrieved from http://www.cell.com/heliyon
Ramadhan, M. ., & Winaryati, E. (2016). Korelasi Metode Pembelajaran Terhadap Mindset Siswa Pada Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Sains (JPS) Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1), 38–42.
Sholihah, U. (2016). Membangun Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. TA’ALUM, 4(1), 85.
Tammara, A. (2020). Mindset Adalah – Semua Informasi yang Harus Kamu Ketahui! Retrieved July 2, 2020, from https://www.finansialku.com/mindset-adalah/
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika by http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.