LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP

  • Ela Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mardiah Syofiana Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: pengembangan LKS, POE, berpikir kreatif matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap pengembangan LKS dan menghasilkan LKS berbasis POE (Predict, Observe, Explain) yang valid dan praktis agar dapat memfasilitasi siswa SMP dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development and research) yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang telah dimodifikasi oleh peneliti menjadi empat tahap. Tahap-tahap pengembangan ini yaitu tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (Development) dan tahap implementasi (Implementation). Dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa SMP Kelas VIII SMPN 23 Bengkulu Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2020/2021. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diperoleh produk akhir yaitu LKS berbasis POE (Predict Observe Explain) pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memenuhi standar sangat valid dan praktis, sehingga LKS tersebut dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

References

Budiono, Sutiarso, S., & Dahlan, S. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis POE Pada Konsep Kesebangunan untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(2).
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. JURNAL E-DuMath, 3(2), 155–163.
Fannie, R. D., & Rohati. (2014). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS POE (Predict, Observe, Explain) PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1), 96–109.
Fatmawati, & Masri. (2015). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIR. Jurnal MATH-UMB.EDU, Vol. 3, No. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/math/article/view/1438
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Maghfuroh, M. A., & Rochmad. (2018). Pembelajaran POE dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018, 14(2), 265–272.
Marliani, N. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP). Jurnal Formatif, 5(1), 14–25.
Mulyani, R., Saminan, & Sulastri. (2017). The Development of Student s ’ Worksheet Based on Predict-Observe-Explain ( POE ). Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 763–769. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.
Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha (Anggota IKAPi).
Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika, 6(2), 145–157.
Ramadianti, W., Syofiana, M., & Mahyudi. (2018). Pengembangan Soal Matematika Open-Ended Berkonteks Bumi Rafflesia. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 8–16. https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/download/922/913
Risnanosanti, Syofiah, M., & Hasdelyati. (2020). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS LESSON STUDY. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2(2), 168–178.
Samsudin, H., Sardiman, & Pachrozi, I. (2019). GEOSPASIAL Bidang Pendidikan (Sistem Informasi Pendidikan Berbasis Geospasial). Bappeda Litang.
Septantiningtyas, N., Shofiatun, Madanibillah, A., & Rahman, A. (2021). Pembelajaran Sains. Jawa Tengah: Anggota IKAPI.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Swestyani, S., Masyuri, M., & Prayitno, B. A. (2014). Pengembangan Modul IPA Berbasis Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pembelajaran Biologi, 6(2), 36–41
Widyaningrum, R., Sarwanto, S., & Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi Poe (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Padamateri Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 100. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v6i1.3920.
Zubainur, C. M., & Bambang, R. M. (2017). Perencanaan pembelajaran. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Published
2021-12-10
How to Cite
Sari, E., & Syofiana, M. (2021). LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP. Nabla Dewantara, 6(2), 107-115. https://doi.org/https://doi.org/10.51517/nd.v6i2.348