PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP
Keywords:
Pendekatan Differentiated Instruction, Berpikir Kritis Matematis
Abstract
Tujuan utama penelitian ini untuk mendeskripsikan pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sebagai akibat dari pembelajaran dengan pendekatan Differentiated Instruction(DI) dan pembelajaran biasa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi/semu dengan pretest-posttest control grup design yang melibatkan 63 siswa kelas 8 dari satu SMPNdi KotaBandung yang ditetapkan secara purposif. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis terhadap pembelajaran dengan pendekatan DI. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa, secara keseluruhan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa.Namun berdasarkan kategori KAM (atas, tengah, dan bawah), untuk kategori KAM atas dan tengah, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa, sedangkan untuk kategori KAM bawah tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis.References
Adriany, V. (2009). Multiple Iintelligence dan Differentiated Instruction. [Online]. Tersedia: http://www.scribd.com/doc/17279140/Multiple-Intelligence-Dan-Differentiated-Instruction [26 November 2014]
Amin. (2009). Pembelajaran Berdiferensiasi: Alternatif Pendekatan Pembelajaran Bagi Anak Berbakat. Edukasi, 1 (1), hlm. 57-67.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
As’ari, A. R. (2014). Ideas for Developing Critical Thinking at Primary School Level. Paper presented at International Seminar on Addressing Higher Order Thinking: University of Muhammadiyah Makasar.
Bao, J. (2010). Teaching and Learning Strategies for Differentiated Instruction in the Language Classroom. [Online]. http://steinhardt.nyu.edu/teachlearn /dclt/Summer_Institute_2010. [10 desember 2014]
Baron, J. B., & Sternberg, R. J. (Editor), (1987). Teaching Thinking Skills. New York: W.H. Freeman and Company.
Corley, M.A. (2005). Differentiated Instruction: Adjusting to the Needs of All Learners. World Education, 7(7), hlm. 13-16.
Ditasona, C. (2013). Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran matematis Siswa SMA. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Fitriani, N. (2012). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik secara Berkelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Hall, T. (2002). Differentiated Instruction: Effective Classroom Practice Report. NCAC.
Purwoko. (2013). Berpikir Kreatif Matematika. [Online]. Tersedia: http://catatanpendidikanku.blogspot.com/2013/05/berpikir-kreatif-matematika.html [22 Oktober 2013]
Radiansyah, I. (2010). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia: http://www.lkpk.org/mengembangkan-kemampuan-berpikir-kritis/ [24 Agustus 2015]
Reece, G. (2002). Critical Thinking and Trasferability: A Review of the Literature. [Online]. Tersedia: https://ithacalibrary.com/sp/assets/users/_lchabot/critical_thinking-1.pdf [06 Februari 2015]
Sumarmo, U. (2010). Berfikir Logis, Kritis, Kreatif, dan Budi Pekerti: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta.
Tomlinson, C.A. (1999). Mapping a Route Toward Differentiated Instruction. Educational Leadership, 1 (57), Pages 12-16.
___________. (2000). What is Differentiated Instruction? Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.
Wulandari, I. & Sagita, L. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Differentiated Instruction untuk Mengembangkan Karakter Positif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta (hlm 272-282).
Amin. (2009). Pembelajaran Berdiferensiasi: Alternatif Pendekatan Pembelajaran Bagi Anak Berbakat. Edukasi, 1 (1), hlm. 57-67.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
As’ari, A. R. (2014). Ideas for Developing Critical Thinking at Primary School Level. Paper presented at International Seminar on Addressing Higher Order Thinking: University of Muhammadiyah Makasar.
Bao, J. (2010). Teaching and Learning Strategies for Differentiated Instruction in the Language Classroom. [Online]. http://steinhardt.nyu.edu/teachlearn /dclt/Summer_Institute_2010. [10 desember 2014]
Baron, J. B., & Sternberg, R. J. (Editor), (1987). Teaching Thinking Skills. New York: W.H. Freeman and Company.
Corley, M.A. (2005). Differentiated Instruction: Adjusting to the Needs of All Learners. World Education, 7(7), hlm. 13-16.
Ditasona, C. (2013). Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran matematis Siswa SMA. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Fitriani, N. (2012). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik secara Berkelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Hall, T. (2002). Differentiated Instruction: Effective Classroom Practice Report. NCAC.
Purwoko. (2013). Berpikir Kreatif Matematika. [Online]. Tersedia: http://catatanpendidikanku.blogspot.com/2013/05/berpikir-kreatif-matematika.html [22 Oktober 2013]
Radiansyah, I. (2010). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia: http://www.lkpk.org/mengembangkan-kemampuan-berpikir-kritis/ [24 Agustus 2015]
Reece, G. (2002). Critical Thinking and Trasferability: A Review of the Literature. [Online]. Tersedia: https://ithacalibrary.com/sp/assets/users/_lchabot/critical_thinking-1.pdf [06 Februari 2015]
Sumarmo, U. (2010). Berfikir Logis, Kritis, Kreatif, dan Budi Pekerti: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta.
Tomlinson, C.A. (1999). Mapping a Route Toward Differentiated Instruction. Educational Leadership, 1 (57), Pages 12-16.
___________. (2000). What is Differentiated Instruction? Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.
Wulandari, I. & Sagita, L. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Differentiated Instruction untuk Mengembangkan Karakter Positif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta (hlm 272-282).
Published
2017-10-31
How to Cite
Lailiyah, E. (2017). PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP. Nabla Dewantara, 1(2), 55-64. Retrieved from https://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9
Section
Articles
Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika by http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.