ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOALPOLA BILANGAN DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT KELAS VIII SMP NEGERI 26 MAKASSAR

  • Tamsil Mufakat Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Rizal Usman Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: climbers, campers, quitters, kesulitan menyelesaikan soal

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan yang berkategori (1)climbers. (2) campers. (3) quitters.Subjek penelitian diambil dari satu rombongan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar.Diberikan tes angket Adversity Quotient.Tes angket tersebut dipilih 1 subjek yang mewakili kategori climbers, campers, quitters.Ketiga subjek selanjutnya diberikan soal tes diagnosis untuk menganalisis kesulitan menyelesaikan soal pola bilangan.Selanjutnya dilakukan wawancara kepada subjek untuk menganalisis kesulitan menyelesaikan soal yang mengacu pada jawaban yang diberikan pada tes diagnosis. Berdasarkan Hasil analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan yang berkategoriclimbers adalah sulit dalam mempelajari barisan dan deret, kesulitan memahami prinsip dari pola bilangan persegi dikarenakan lupa dengan rumus, dan kesulitan dalam membedakan soal cerita dari materi pola bilangan. (2) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan yang berkategoricampersadalah subjek kesulitan mempelajari konsep penggunaan r – 1 dan 1 – r, kesulitan memahami prinsip yang digunakan dalam menyelesaikan soal nomor 1 dikarenakan tidak menganalisis soal dengan baik, dan kesulitan mentransformasikan soal cerita kedalam kalimat matematika serta tidak mampu membedakan soal cerita barisan dan deret aritmatika. (3) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan yang berkategoriquitters adalah kesulitan mempelajari konsep dikarenakan pemahaman tentang konsep dari aritmatika dan geometri masih kurang, kesulitan memahami prinsip yang sama dengan subjek lainnya yaitu lupa dengan rumus yang digunakan dalam menjawab soal, dan kesulitan menyelesaikan soal bentuk verbal (skill). Ini terjadi karena ketidakmampuan menuliskan informasi yang ada disoal.

References

Khasanah, Umi &Sutama. 2015. “Kesulitan menyelesaikan soal cerita Matematika pada Siswa SMP”. Makalah Disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.UMS: 79-89.

M. Ali Hamzah & Muhlisrarini, 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.

Muhibbin, S. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurjannah, Siti dkk.2018. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Program Linear pada Siswa Kelas X TKJ PIRI 2 Yokyakarta.Makalah disajikan dalam seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 9 Desember. (Online) (http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/index)
Rahmawati, Tri Suci. 2018. Penyebab Kesulitan Belajar Matematika, (Online), (https://www.kompasiana.com/trisucirahmawati/5acce2b2caf7db09eb3c3802/penyebab-kesulitan-belajar-matematika, diakses 17 februari 2020).
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sari, Nur Indha P., Subanji.& Erry, H. 2017. Diagnosis Kesalahan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan.Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. 2 (2) : 64-69
Stoltz.G Poul.Adversity Quotient.2000. Mengubah Hambatan Menjadi Peluang.Jakarta.Grasindo.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Supriyo, Titin. 2012. Studi Kasus Bimbingan dan Konseling.Semarang : CV. Niew Setapak.
Winda Sari Nidia & Nissia Dzimar Sabrina. 2020. Upaya Mengatasi Kesulitan-Kesulitan Siswa pada Materi Aljabar Melalui Model Pembelajaran Inquiri. (Online) (https://scholar.google.com/citations?hl=en&view_op=list_works&gmla=AJsN-F7oVF79dpwgYHx-wlNXjGtukdum4B9d-FXlMk_6Hr-fx6dL5vo4e76OpzMr8-eSpoAAw7qhxUmIlJyKP8UwPFWUBnbKKNOncgSCvvdFQzKc9uemoDKnE6PnYybEIt5T8JViTpo5UZ0YkUN10tCVX3y15AMxCw&user=ozNEWs0AAAAJ, diakses 20 juli 2020)
Published
2020-11-17
How to Cite
Mufakat, T., & Usman, M. (2020). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOALPOLA BILANGAN DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT KELAS VIII SMP NEGERI 26 MAKASSAR. Nabla Dewantara, 5(2), 75-85. https://doi.org/https://doi.org/10.51517/nd.v5i2.213